Portal informasi terlengkap seputar gadget dan handphone. Kami berikan update paling lengkap seputar harga gadget dari berbagai merk.

Tips Jitu Merawat Baterai Android

Setiap gadget pasti memiliki baterai sebagai penunjang hidupnya. Baterai merupakan sumber tenaga pada sebuah perangkat android. Maka dari itu, baterai menjadi salah satu komponen terpenting pada android.

Namun baterai adalah salah satu komponen yang rentan rusak, karena hampir setiap hari Ia di isi ulang dayanya, atau bahasa mudahnya di charge. Nah, hal itu sebenarnya akan membuat umur baterai menjadi lebih pendek, apalagi jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Baterai sendiri sebenarnya memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung gadget apa yang digunakan. Umumnya pada perangkat handphone android, smartphone, dan PC tablet menggunakan baterai dengan jenis Li-Ion (Lithium Ion). Merk-merk handphone dan smartphone yang menggunakan jenis baterai ini diantaranya adalah Nokia pada produk menengah kebawahnya, Samsung termasuk juga keluarga Galaxy-nya dan juga beberapa merk lainnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kekurangan ponsel android/smartphone adalah daya baterainya yang tidak tahan lama. Sebenarnya ini wajar, karena semakin canggih ponsel yang Anda gunakan, maka ponsel tersebut pasti membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Hal tersebut dikarenakan, ponsel android atau smartphone lebih banyak menggunakan aplikasi-aplikasi yang menguras daya baterai dibandingan dengan ponsel biasa.

Tips Jitu Merawat Baterai Android
Tips Jitu Merawat Baterai Android
Namun Anda tidak perlu kuatir… Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat baterai android agar lebih tahan lama. Setidaknya tips ini dapat memperpanjang umur baterai android Anda dan membuatnya tetap prima. Inilah tipsnya…

1. Matikan ponsel Anda ketika sedang diisi ulang. Hal ini penting agar baterai android Anda terisi secara optimal dan hitungan tegangannya pun akan tetap akurat.

Jika memang Anda tidak mematikan ponsel, setidaknya hindari untuk menggunakannya saat diisi ulang. Ini untuk menjaga suhu baterai agar tidak terlalu panas. Jagalah agar suhu baterai tidak terlalu tinggi, karena menurut saya ini juga akan berpengaruh pada umur dan kinerja baterai dan menyebabkan baterai cepat kembung.

2. Isilah baterai sebelum benar-benar habis (0%). Sebaiknya Anda cepat-cepat mengisi daya baterai apabila sudah ada pemberitahuan 'baterai lemah' atau sejenisnya (sekitar 10% - 15%).

Isilah baterai saat benar - benar low baterry, tapi bukan berarti membiarkannya hingga mati, dan discharge (lepas konektor charger) saat baterai sudah benar - benar penuh. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaannya, karena jika Anda mencharge baterai ini dimana baterai ini masih memiliki daya yang cukup untuk "menghidupkan" gadget, itu sama artinya anda membuang "umur" dari baterai ini.

3. Lakukan pengisian sewajarnya. Jangan pernah Anda mengisi baterai ponsel pada saat akan tidur, karena pengisian baterai hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Jika berlebihan, maka akan menimbulkan bahaya pada baterai itu. Dan setelah baterai terisi penuh, sebaiknya langsung cabut charger dari perangkat android.

Mengisinya selama berlebihan tidak akan menambah waktu stand by dari baterai Anda, justru akan dapat menyebabkan baterai overcharging yang akan memperpendek umur pemakaiannya.

4. Jangan mencabut/ discharge baterai sebelum  penuh. Karena meskipun anda sudah mencharge hingga setengah penuh, lalu anda cabut dan mencharge nya lagi hingga penuh, itu akan dihitung 2x charging, sehingga akan memperpendek umurnya.

5. Istirahatkan android Anda. Bukan hanya manusia yang perlu istirahat, disaat-saat tertentu android pun harus Anda istirahatkan. Misalnya setelah Anda gunakan secara terus-menerus selama berjam-jam. 
Terakhir, sebaiknya Anda tidak menggunakan ponsel android dalam waktu yang panjang, karena hal itu akan membuat baterainya cepat habis (tidak tahan lama).

Semoga dengan tips-tips cara merawat baterai android diatas, baterai Anda bisa semakin prima dan tahan lama. Jika Anda merasa ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengklik tombol G+ dibawah ini yaa…

Semoga bermanfaat !

Tag : Tips
0 Komentar untuk "Tips Jitu Merawat Baterai Android"

Terima kasih telah berkomentar yang baik, karena KOMENTAR atau KATA-KATA itu mencerminkan PRIBADI seseorang, yuk mari Ngobrol Gadget..

Back To Top